Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis

Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis

Hi All, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mematikan atau shut down komputer / laptop secara otomatis menurut waktu yang telah ditentukan. Ada dua metode umum untuk melakukan shut down secara otomatis, kedua cara tersebut yaitu melalui task scheduler dan melalui perintah langsung yang akan dieksekusi oleh WScript. Kita akan membahas kedua cara tersebut secara mendetail.
Cara Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis.

Shut down secara otomatis terkadang diperlukan saat kita berkomputasi dengan waktu yang mepet. Misalnya saja saat kita bekerja menggunakan komputer pada malam hari, kelelahan sehabis bekerja mengharuskan kita untuk beristirahat namun ada sebuah progress di komputer yang belum selesai dan tidak mungkin di-cancel. Pada saat tersebut kita bisa meninggalkan progress tersebut dan membiarkan komputer bekerja dan shutdown secara otomatis saat progress tersebut selesai. Bagaimana cara melakukannya ? berikut ini adalah langkah-langkah untuk mematikan komputer secara otomatis.
Menggunakan Task Scheduler.

Buka Task Scheduler melalui Control Panel > Administrative Template dan cari Task Scheduler kemudian jalankan.



Setelah jendela Task Scheduler terbuka, klik Create Basic Task pada tab Actions sebelah kanan.


Beri nama task yang akan kita buat, misalnya Auto Shutdown Timer. Berikan deskripsi jika perlu untuk membantu mengingat jika kita memiliki banyak task lainnya. Klik Next.
Pada bagian Task Trigger, set Daily. Klik Next.


Pada bagian Daily, tentukan waktu yang akan kita gunakan untukmelakukan shut down secara otomatis. Klik Next.


Pada bagian Actions, pilih Start a Program. Klik Next.
Pada kotak dialog Program/script, isikan program Shutdown dengan cara menavigasikan Task Scheduler ke program Shutdown atau ketikkan saja path-nya yaitu "C:\Windows\System32\shutdown.exe" (tanpa tanda petik). Pada bagian Add Arguments isikan "/s" (tanpa tanda petik) sebagai perintah shutdown. Klik Next.


Pada bagian selanjutnya, kita akan diberi tahu mengenai task yang sudah kita buat berikut waktu eksekusinya dan pastikan semuanya sudah sesuai keinginan dan klik Finish.


Task Scheduler akan mengeksekusi program shutdown.exe pada waktu yang sudah kita tentukan tadi setiap hari. Selesai.
Untuk menghapus task Auto Shutdown Timer, pilih task dan klik icon Delete yang berada di tab sebelah kanan bawah.
Menggunakan Perintah WScript.
Untuk mematikan atau shut down komputer secara otomatis melalui perintah WScript, sebenarnya ada beberapa metode. Metode tersebut antara lain dengan mengetikkan perintah secara langsung di kotak dialog Run, membuat file batch (*.bat) atau melalui Command Prompt. Pada dasarnya semua metode tersebut mempunyai proses yang sama hanya berbeda cara memulainya. Perintah yang paling gampang adalah melalui kotak dialog Run, berikut caranya.

Buka kotak dialog Run dengan cara menekan tombol Windows + Rsecara bersamaan.
Ketikkan "shutdown -f - s -t 3600" tanpa tanda petik kemudian tekan Enter.


Untuk membatalkan perintah auto shutdown, buka kembali kotak dialog Run dan ketikkan "shutdown -a" tanpa tanda petik.
Shut down adalah perintah untuk mematikan komputer. -f adalah perintah untuk memaksa sebuah program yang sedang aktif untuk menutup tanpa konfirmasi terlebih dahulu terhadap user. -t 3600 adalah parameter waktu dalam skala detik atau second, disini tertera angka 3600, artinya program shutdown akan dieksekusi pada waktu 3600 detik kedepan atau satu jam mendatang. Angka ini dapat diisi sesuai keinginan dari rentang 0 sampai 315.360.000 detik. Shutdown -a berarti melakukan Abort a system shutdown. Shut Down atau Mematikan Komputer Secara Otomatis ini berlaku pada semua seri sistem operasi Windows.


EmoticonEmoticon